RSS

Selasa, 03 April 2012

Cek HSG

Well setelah 2 tahun menikah, akhirnya harus cek HSG juga dan suami harus cek sperma, dua-duanya cek lab full termasuk cek darah, lemak, kolesterol, dll.

Sempet bingung HSG itu apa, tapi setelah baca-baca info dari internet dan info dari dokter akhirnya faham juga dan infonya beragam. Kata dokter cek HSG itu sama dengan foto rontgen dengan memasukan cairan kontras ke rahim untuk mengetahui apakah pada rahim tersebut ada hambatan atau kelainan-kelainan yang ada dirahim, dan juga agak mules-mules sedikit. Lalu baca info dari searching di internet beragam keluhannya, ada yang bilang sakit banget dan ada yang bilang biasa aja. Sempet bikin takut karena itukan memasukan cairan kontras kerahim lewat vagina, Oh My God..

Sebelum menceritakan pengalaman aku di HSG, ini ada penjelasan tentang teori HSG itu apa, dikutip dari blog di internet..

Apa itu HSG ??

Histerosalpingografi (HSG), dikenal juga dengan pemeriksaan uterosalpingografi, adalah pemeriksaan sinar X dengan memakai cairan kontras yang dimasukkan ke rongga rahim dan saluran telur (tuba fallopii).

Apa tujuannya?

untuk melihat potensi tuba atau kondisi saluran telur apakah ada sumbatan pada saluran telur yang bisa menyebabkan infertilitas.

Pemeriksaan HSG juga bisa mengevaluasi bentuk, ukuran dan struktur rongga rahim sehingga bisa mendeteksi beberapa kelainan seperti tumor jinak di rahim yang tumbuh ke arah rongga rahim (mioma uteri jenis submukosum), polip rahim, perlengketan (adesi) dinding rahim, atau kelainan bawaan rongga rahim seperti adanya sekat pada rahim (septum).

Kadang-kadang HSG juga dapat menjadi terapi bagi wanita yang sulit hamil, karena pada saat bahan kontras dimasukkan, dapat membuka obstruksi yang terjadi di dalam tuba untuk melihat parut pada serviks dan uterus pasca sectio caesaria

Pemeriksaan ini juga bisa digunakan untuk mengetahui penyebab keguguran berulang.

Kapan sebaiknya dilakukan pemeriksaan HSG?

Yaitu pada hari ke 9-12 sesudah haid mulai.

Pada saat itu biasanya haid sudah mulai berhenti dan selaput lendir uterus biasanya tenang. Bila masih ada pendarahan HSG tak boleh dilakukan karena ada kemungkinan masuknya cairan kontras ke dalam pembuluh darah balik.

Saat kapan HSG tidak boleh dilakukan?

pada pasien hamil muda

pasien yang sedang mengalami perdarahan

pasien dengan penyakit TBC

pasien yang baru saja selesai di kuret

Apa persiapan pemeriksaan HSG ?

Tidak melakukan hubungan sex 2 hari sebelumnya dan tidak mengalami menstruasi atau perdarahan pervaginam.

Bagaimana cara pemeriksaannya?

Pemeriksaan dilakukan di bagian radiologi seperti saat Anda melakukan foto Rontgen. Setelah mengganti baju dengan baju pemeriksaan dan melepaskan perhiasaan, Anda diminta berbaring dengan kedua paha terbuka (posisi litotomi), seperti pemeriksaan pap smear. Dokter radiologi akan memasukkan spekulum ke vagina sehingga mulut rahim terlihat, lalu kateter dimasukkan ke rongga rahim melalui mulut rahim. Cairan kontras disuntikkan ke dalam rahim melalui kateter dan spekulum dikeluarkan. Beberapa foto rontgen akan diambil ketika cairan memenuhi rahim, masuk ke dalam saluran telur hingga –bila tidak ada sumbatan– tumpah ke dalam rongga perut. Biasanya, prosedur ini berlangsung selama 30 menit. Setelah selesai, kateter dilepas dan Anda diminta tetap berbaring selama beberapa menit, lalu dipersilakan bangun dan mengganti pakaian. Anda bisa makan dan minum seperti biasa sebelum dan sesudah pemeriksaan, serta diminta buang air kecil untuk mengosongkan kandung kemih.

Siapa yang melakukan pemeriksaan HSG ini?

Yang melakukan pemeriksaan ini adalah dokter ahli radiologi dengan dibantu petugas radiologi (radographer). Sampaikan kepada dokter bila memiliki alergi terhadap obat-obatan, makanan atau bahan sinar X(kontras).

Sakit gak ya?

Anda akan merasa tidak nyaman ketika kateter dipasang dan cairan kontras disuntikkan, bahkan merasakan kram perut seperti ketika menstruasi bila ada sumbatan di saluran telur. Anda juga bisa merasakan sakit kepala ringan dan sakit di perut bagian bawah karena iritasi di selaput perut (peritoneum). Namun, rasa sakit tersebut tidak akan berlangsung lama. Lagipula, Anda akan diberi obat penahan sakit (anti-nyeri) saat pemeriksaan dilakukan. Mungkin Anda juga diberi antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi akibat pemeriksaan ini.


Apakah ada efek sampingnya?

Pemeriksaan ini cukup aman dan jarang menimbulkan komplikasi. Memang ada risiko alergi, tapi kecil karena sebelum pemeriksaan, Anda akan menjalani skin test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda ada alergi cairan kontras yang digunakan atau tidak. Bila Anda tidak alergi cairan kontras tersebut, justru dapat menghambat pertumbuhan kuman dan meningkatkan imunitas terhadap kuman karena mengandung zat yang bersifat antiseptik. Sinar X yang digunakan juga dalam dosis yang dikontrol untuk meminimalkan paparan radiasi yang Anda terima. Anda tidak perlu khawatir bila muncul flek selama beberapa hari setelah pemeriksaan HSG. Hal itu normal terjadi.


Kapan hasil pemeriksaan bisa diperoleh?

Hasilnya bisa diperoleh hari itu juga. Dokter radiologi akan memberikan analisis dari pemeriksaan tersebut, lalu dokter kandungan yang menangani Anda akan menjelaskan langkah terapi apa yang perlu Anda lakukan bila ternyata ditemukan masalah yang mengganggu kesuburan Anda.
Sumber :
http://e-kehamilan.blogspot.com/2009/07/hsg-histerosalpingografi.html
http://labparahita.com/parahita/2011/01/pemeriksaan-hsg-hysterosalpingography/

Setelah melakukan test HSG rasanya emang agak mules, mulesnya ketika sedang haid datang, tapi dokternya ngasih obat untuk mengurangi rasa sakit.

Well hasil HSGnya rahimnya dinyatakan Uterus Retrofleksi yang artinya rahim miring kebelakang, kedua tuba falopi paten artinya normal. Setelah konsultasi dengan dokter tentang rahim retrofleksi itu ternyata tidak apa-apa n gak usah khawatir dan masih normal, memang pada teorinya mengatakan rahim dengan kelainan retrofleksi itu langka didunia dan hanya 25% pada wanita didunia, serta kecenderungan sulit untuk hamil dan terapinya harus operasi. Tapi pada kenyataannya terbalik, wanita yg punya rahim retrofleksi bisa untuk hamil, ada berbagai cara dan posisi untuk mengaturnya. Dokterku membesarkan hati aku bahwa aku gak usah khawatir, rata-rata wanita Indonesia berahim retrofleksi dan bisa hamil dan punya anak banyak, Alhamdulillah..suamikupun demikian, dia selalu membesarkan hatiku dan mengerti keadaanku, ya mudah-mudahan terapi dokter ini bisa hamil secepatnya. Amiin... Amiin..


Sent from my iPhone

1 komentar:

kaos ta mengatakan...

mudah2an allah memberikan yg terbaik..amiin

Poskan Komentar

 
Copyright Rieccha's World 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .